tc

Cara Mudah Streaming di Dua PC – Sebuah PC game modern biasanya sudah cukup untuk menyiarkan permainan game ke internet, tetapi komputer kedua dapat membantu menciptakan pengalaman streaming yang lebih lancar. Anda bahkan dapat menggunakan kembali perangkat keras lama, jika perangkat keras tersebut memenuhi spesifikasi minimal untuk platform streaming pilihan Anda.

Menyiapkan PC streaming khusus agar dapat bekerja sama dengan perangkat gaming mungkin cukup memakan waktu, tetapi gamer yang menginginkan pengalaman streaming maksimal sebaiknya menggunakan dua PC.

Yang Dibutuhkan untuk Streaming dengan Dua PC
Tidak ada satu solusi streaming ideal yang 100% tepat. Oleh karena itu, kami akan membahas berbagai konfigurasi perangkat keras di sini. Tergantung kebutuhan streaming dan perangkat keras Anda, proses pengaturan mungkin sedikit berbeda, meskipun dasar-dasarnya kurang lebih sama.

1. Perangkat Keras

Baik Anda ingin menggunakan kembali mesin lama atau membeli mesin baru, pastikan Anda memiliki mouse, keyboard, dan monitor untuk keduanya.

Mudahnya, anggap satu PC sebagai komputer gaming, dan satu lagi sebagai mesin streaming Anda. Untuk PC gaming utama, pastikan bahwa Anda memiliki spesifikasi CPU dan GPU minimum untuk bermain game yang diinginkan. Ketika memilih PC streaming, ingatlah bahwa CPU Anda mengerjakan hampir semua pekerjaan pengkodean video streaming Anda.

Jika Anda ingin membeli mesin hanya untuk menangani pengkodean video streaming, Intel telah bekerjasama dengan beberapa pabrik dan menghadirkan komputer streaming pribadi yang langsung siap pakai untuk streaming.

2. Perangkat lunak

Setelah merakit perangkat keras, termasuk PC gaming dan PC streaming, Anda harus mulai menyiapkan perangkat lunak — termasuk perangkat lunak streaming.

3. Aksesori

Setelah Anda mengatur kedua PC-nya, mulailah menggabungkan aksesori. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk menambahkan aksesori pada pengaturan streaming 2 PC. Aksesori bisa sangat sederhana seperti permainan game dengan overlay suara, atau agak rumit seperti menggunakan mixer untuk menghubungkan mikrofon ke kedua PC, bahkan hingga sangat kompleks seperti pengaturan layar hijau. Karena begitu banyaknya opsi yang tersedia, gunakan daftar ini sebagai standar, lalu sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Ini Dia Cara Bermain Game Android di PC

Kartu Rekaman

Kartu rekaman memiliki port input dan output yang dibutuhkan untuk menyiarkan video real-time dari perangkat game ke mesin streaming Anda. Anda dapat memilih antara kartu rekaman internal atau eksternal seperti Elgato* HD60 S, yang terhubung melalui USB dan HDMI. Kartu rekaman internal dapat membantu menghemat port eksternal jika tersedua ruang di dalam komputer Anda, sementara kartu rekaman eksternal memiliki kelebihan portabilitas dan kemudahan pengaturan. Anda juga dapat menggunakan perangkat perekaman eksternal untuk merekam game dan merekam streaming game dari konsol.

Headphone

Jika Anda hanya ingin audio game, cukup colokkan headphone langsung ke PC gaming. Jika Anda ingin mendengar output audio dari streaming, ada beberapa langkah tambahan.

Setelah kartu rekaman siap digunakan, colokkan headphone ke mesin streaming. Lalu, di layanan streaming seperti OBS*, pilih audio kabel USB yang berasal dari kartu rekaman yang terpasang ke PC game. Pemasangan berhasil jika Anda dapat mendengar suara game Anda.

Beberapa streamer lebih memilih penggunaan pembagi kabel 3,5 mm untuk mendapatkan efek serupa.

Mikrofon

Jika ingin mengobrol dalam game secara bersamaan, Anda membutuhkan minimal dua saluran mixer terpisah: satu saluran untuk PC gaming dan satu untuk PC streaming, sehingga mikrofon tersedia pada kedua mesin. Pengaturan ini sama untuk headset dengan mikrofon bawaan.

Webcam

Webcam dapat memberikan sentuhan yang lebih pribadi pada streaming Anda. Sambungkan ke PC streaming dan pastikan audio dimatikan dalam rangkaian streaming, karena Anda tidak ingin mengambil suara yang seharusnya masuk melalui mikrofon. Setelah berfungsi, pertimbangkan penggunaan latar belakang, bisa apa saja mulai dari susunan beragam item favorit hingga layar hijau.

Jika menggunakan layar hijau, Anda dapat menampilkan rekaman streaming di belakang Anda, tetapi langkah pengaturannya akan jadi lebih rumit. Memulai streaming dengan latar belakang sederhana adalah hal yang wajar, karena Anda selalu dapat meningkatkan kerumitan streaming Anda nantinya.

Menyiapkan Streaming PC Ganda
Anda harus mengunduh perangkat lunak streaming ke mesin sebelum dapat melakukan siaran langsung. (Jika Anda menggunakan PC streaming pribadi yang didukung Intel, lewati ke bagian berikutnya.)

Beberapa program yang sebaiknya Anda gunakan adalah Open Broadcast Software* (OBS), SLOBS, dan Xsplit*. Setelah diinstal, pastikan bahwa kartu rekaman sudah terhubung, atau sudah diinstal pada mesin streaming sebelum melanjutkan untuk menghubungkan kedua PC.

Menghubungkan Kedua PC
Menghubungkan kedua komputer hanya perlu waktu sebentar, tapi harus dilakukan dengan urutan yang benar.

1. Jika Anda menggunakan kartu eksternal seperti Elgato* HD60 S, colokkan kabel HDMI dari PC game ke koneksi “in” pada kartu rekaman Anda. Lalu, sambungkan kartu rekaman ke PC streaming Anda melalui USB.

2. Jika Anda menggunakan kartu rekaman internal, pasang di PC streaming Anda dengan mengikuti petunjuk yang disediakan pabrik. Lalu, sambungkan kartu grafis melalui HDMI dari komputer game Anda ke port HDMI berlabel “in” di kartu rekaman yang dipasang pada mesin streaming.

By admin